Bajigur

Bajigur merupakan salah satu minuman khas dari derah jawa barat. Minuman yang satu ini memiliki rasa manis dan gurih karena terbuat dari santan dan gula merah. Minuman ini biasa menjadi teman ketika santai dan senggang dan dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Image

Kepulan asap bajigur yang berbaur aroma daun pandan menyajikan sensasi tersendiri dari menu minuman tradisional ini. Terlebih lagi ketika mengalir melalui kerongkongan dan berakhir dalam lambung. Rasa hangat segera menjalari tubuh, dan ada irisan kolang-kaling yang ngerekes saat dilumat gigi.
Mmm .. pokoknya maknyus deh  (˘ڡ˘)

Image

Biasanya bajigur di jual bersama dengan ubi, pisang atau kacang rebus. Dulu biasanya tukang bajigur menjual dagangannya dengan berkeliling sekitar pemukiman penduduk. Tapi sekarang sudah jarang tukang bajigur yang berjualan berkeliling biasanya mereka menjajahkan jualannya di pasar, seperti pasar yang ada pada hari minggu atau pasar malam.

Wedang Ronde

Hai Sahabat Kemilau ketemu lagi, kali ini kita mau bahas tentang salah satu minuman tradisional yang berasal dari jawa yaitu wedang ronde🙂

Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Wedang sendiri berarti minuman. Wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti di dalam minuman tersebut. Ronde sendiri terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tanah dan gula merah. Konturnya kenyal ketika digigit.

Dan bagian dalamnya akan meleleh di dalam mulut kita. Komponen utama dalam wedang ronde ada 2. Yaitu wedang jahe dan ronde itu sendiri. Jika wedang ronde tidak memiliki ronde, maka minuman itu disebut wedang jahe. Karena  banyak sahabat yang menyamakan wedang jahe dengan wedang ronde.

Image

Minuman yang menggunakan bahan dasar jahe dipercaya bisa menyembuhkan penyakit tenggorokan, mengatasi mual atau mabuk darat, meningkatkan stamina, dan memberikan kehangatan pada tubuh. Wedang ronde memiliki beberapa macam variasi.  Ada juga wedang ronde yang disajikan dengan tape ketan,  juga wedang ronde yang diberi susu kental manis.

Minuman ini sangat pas dinikmati saat malam hari karna bisa membuat badan menjadi hangat, silakan mencoba🙂

Lemang

Lemang merupakan makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi tepung beras dicampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang.

Image
Seperti inilah cara memasaknya ..

Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat. Cara mengonsumsi lemang berbeda-beda dari daerah ke daerah. Ada yang senang menikmatinya dengan cara manis (ditambah selai, kinca, serikaya) atau dengan cara asin (rendang, telur, dan lauk-pauk lainnya), atau ada juga yang memakannya dengan buah-buahan seperti durian.

Image

Lemang dijadikan makanan perayaan oleh suku Dayak yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Bagi suku Melayu, lemang biasa disantap saat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Orang Minangkabau juga menyukai lemang, bahkan kota seperti Tebing Tinggi dikenal dengan julukan “Kota Lemang”. Lemang juga merupakan makanan orang asli Negrito yang ada di Kelantan dan suku Semai.

Untuk Sahabat yang ingin mencoba lemang jangan khawatir, karna saat bulan ramadhan makanan ini bisa dibeli di pasar takjil yang  bertempat di pasar Benhil di Jakarta Pusat.

Es Pisang Ijo

Hai Sahabat Kemilau ketemu lagi nih, kali ini kita akan kasih info tentang makanan dan minuman khas dari Indonesia. Semoga bisa menjadi pilihan sahabat nanti saat menjalankan puasa🙂

Pertama kita mau bahas tentang Es Pisang Ijo

Pisang Ijo merupakan makanan khas orang makassar. menu ini umum ditemukan di makassar pada saat bulan ramadhan. . makanan ini adalah mirip dengan salah satu menu makanan lain di makassar, yaitu pallu butung, bedanya klo pallu butung pisangnya  tidak ditutupi dengan  kulit tepung  yang berwarna hijau . Walaupun kedua menu ini sama -sama berbahan dasar pisang.

Image

Kalau bulan puasa menu ini banyak di sekitaran pantai losari dan pasar-pasar tradisional di makassar.

Tapi jangan khawatir, sekarang Es Pisang Ijo banyak di jual di jalan-jalan yang ada di jakarta, disini di jualnya pun bukan hanya pada saat bulan puasa jadi yang udah gak sabar mau nyobain bisa beli deh. Harganya yang terjangkau sekitar Rp. 8.000 membuat digemari para pembeli. Gimana Sahabat, cocokan untuk makanan saat berbuka puasa atau dimakan saat cuaca panas
Mmmm .. pokoknya enak deh (˘ڡ˘)

(Jadi pengen nih, ada yang mau beliin ??)

Pekan Raya Jakarta

Hai Sahabat Kemilau, berhubung sekarang lagi ada Pekan Raya Jakarta (PRJ) kita mau bahas sedikit tentang sejarah PRJ. Selamat membaca🙂

Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) merupakan pameran tahunan terbesar di Indonesia. Pertama kali diadakan pada tahun 1968, saat itu PRJ dibuka oleh presiden Soeharto dengan melepaskan merpati pos. Hingga sekarang penyelenggaraan PRJ ga pernah terputus lho.
Sebelum diselenggarakan di kemayoran, PRJ di selenggarakan di Monas yaitu pada tahun 1968 – 1991.

Image

Ini gambar PRJ saat diselenggarakan di Lapangan Monas

Haji Mangan dinilai berjasa dalam menyelenggarakan Pekan Raya Jakarta yang mengubah wajah Pasar Malem Gambir yang kemudian dikenal dengan Djakarta Fair (ejaan lama) dan berganti menjadi Jakarta Fair. Karena kegigihannya, Djakarta Fair mendapat dukungan dari berbagai pihak. Sayangnya sebelum melihat ide dan gagasannya terwujud, beliau sudah dipanggil oleh sang Khalik.PRJ pertama kali diusulkan oleh Syamsudin Mangan (Haji Mangan). Beliau terinspirasi dari berbagai event internasional yang diikutinya serta Pasar Malem Gambir yang dari dulunya ramai dikunjungi. Ide beliau mandapat sambutan hangat dari Pemerintah DKI Jakarta yang langsung membuat gebrakan dengan membentuk panitia sementara yang dipercayakan kepada Kamar Dagang dan Industri (KADIN) yang di ketuai oleh haji Mangan.

Haji Mangan dinilai berjasa dalam menyelenggarakan Pekan Raya Jakarta yang mengubah wajah Pasar Malem Gambir yang kemudian dikenal dengan Djakarta Fair (ejaan lama) dan berganti menjadi Jakarta Fair. Karena kegigihannya, Djakarta Fair mendapat dukungan dari berbagai pihak. Sayangnya sebelum melihat ide dan gagasannya terwujud, beliau sudah dipanggil oleh sang Khalik.

Pada tahun 1969 penyelenggaraan PRJ memecahkan rekor karena diselenggarakan selama 71 hari dari yang biasanya hanya 30-35 hari. Kerennya lagi nih sob, saat itu presiden Amerika Richard Nixon datang ke Indonesia dan mampir lho ke PRJ. Pertama kali diselenggarakannya PRJ sudah mendatangkan banyak pengunjung lho sob, yaitu ga kurang dari 1,4 juta orang serta diikuti oleh 151 peserta, wow! event pertama dengan jumlah pengunjung sebanyak itu, Fantastis.

Dari tahun ke tahun penyelenggaraan PRJ mengalami perkembangan dari segi pengunjung, peserta, bahkan lahan. Pada tahun 1992 PRJ dipindah ke kemayoran Jakarta Pusat dengan menempati lahan 44 hektar dari yang tadinya hanya 7 hektar. Selain itu pengunjung yang tidak menggunakan kendaraan pribadi akan dimanjakan dengan adanya Shuttle Bus secara gratis selama pameran berlangsung dari Parkir IRTI Monas dengan keberangkatan setiap 30 menit sekali.

Image

Seperti ini lah kemeriahan pameran terbesar di Asia Tenggara ^^

Nah, itu Sahabat info tentang PRJ, ada yang udah kesana belum?
kalo belum, buruan dateng sebelum berakhir acaranya🙂

Permainan Bola Bekel

Selanjutnya kita mau ngbahas tentang Permainan Bola Bekel, dan ini adalah sedikit penjelasan tentang permaian Bola Bekel

Bola Bekel, atau ada yang menyebutnya bekelan. Permainan jadul, yang banyak dimonopoli anak perempuan. Alat permainan yang terdiri dari bola bekel yang terbuat dari karet yang berbentuk bola bola dan berwarna warni sehingga mudah sekali terpental dan 5 biji bidaknya yang berbentuk unik terbuat dari semacam kuningan. Bola bekel atau bekelan ini memanglah permainan yang kuno, mungkin nyaris punah

 Image

Permainan yang sangat klasik namun tetap asyik untuk dimainkan. Melatih ketangkasan dan daya nalar anak dalam mengambil buah buah bekel secara cepat dan tepat. Dapat dimainkan secara berkelompok maupun sendiri. Bekelan biasanya dimainkan oleh anak perempuan minimal dua orang. Jika temannya banyak maka menunggu giliran merupakan hal yang menjengkelkan, sehingga kadang berharap agar temannya melakukan kesalahan dan segera dapat giliran main. Permainan ini dilakukan dengan cara menyebar dan melempar bola ke atas dan menangkapnya setelah bola memantul sekali di lantai. Kalau bola tidak tertangkap atau bola memantul beberapa kali maka pemain dinyatakan mati.Bola bekel datang dengan berbagai ukuran, motif, warna, dan tingkat kekenyalan.

Image

Yang dicari adalah bola yang simetris, cetakannya rapi, dengan kekenyalan yang cukup sehingga pantulannya cukup tinggi. Ukurannya juga dicari yang mudah digenggam. 1 set terdiri dari 1 buah bola dan 5 buah biji bekel. Ukuran bola 3,5×3,5×3,5cm. Ukuran manik 2x1x0,8cm. Berat 100gram

Sayang sekali yah Sahabat Kemilau sekarang sudah banyak anak-anak yang tidak memainkannya lagi. Mereka lebih memilih bermainan dengan permainan modern seperti PSP. Padahal permainan ini dapat melatih anak untuk terampil dan cekatan. Selain itu juga diperlukan strategi bagaimana menebar biji bidak agar jatuh dengan posisi yang menguntungkan. Pemain harus teliti, berhati-hati dalam membolak-balik biji bidak agar tak menyentuh biji yang lain.
Selain itu pemain juga harus tetap memperhatikan bola yang dilempar. Artinya permainan ini juga melatih anak untuk bisa berpikir cepat, dan tepat. Lebih dari itu permainan masa kecil saya ini, mengajak anak untuk hidup sosial. Tentunya bermain bola bekel tak akan seru jika dimainkan sendiri, tiada kawan. Dan sebaliknya akan seru habis jika ada 5-6 orang yang bermain bersama bergantian, menentukan siapa yang menang.

Jadi kita harus melestarikan Permainan Tradisional yang ada, jika bukan kita yang melestarikannya siapa lagi yang akan melestarikannya dan mengenalkan pada anak dan cucu kita🙂
Sekian dulul info tentang beberapa Permainan Tradisional yang ada di Indonesia, tunggu info-info selanjutnya yah …..

Salam Kemilau🙂

Permainan Engklek

Hai Sahabat Kemilau, hari ini kita mau bagi-bagi info tentang beberapa permainan tardisional yang ada di Indonesia. Selamat membaca🙂

Permainan engklek ( dalam bahasa Jawa ) merupakan permainan tradisional lompat – lompatan pada bidang – bidang datar yang digambar diatas tanah, dengan membuat gambar kotak – kotak kemudian melompat dengan satu kaki dari kotak satu kekotak berikutnya. Permainan engklek biasa dimainkan oleh 2 sampai 5 anak perempuan dan dilakukan di halaman. Namun, sebelum kita memulai permainan ini kita harus mengambar kotak-kotak dipelataran semen, aspal atau tanah, menggambar 5 segi empat dempet vertikal kemudian di sebelah kanan dan kiri diberi lagi sebuah segi empat. Permainan ini mempunyai banyak nama atau istilah lain. Ada yang menyebutnya teklek ciplak gunung, demprak dan masih banyak lagi.

Image

Cara bermainanya sederhana saja, cukup melompat menggunakan satu kaki disetiap petak – petak yang telah digambarkan sebelumnya di tanah. Untuk dapat bermain setiap anak harus mempunyai kereweng atau gacuk yang biasanya berupa pecahan genting, keramik lantai atau pun batu yang datar.

Image

Kreweng/gacuk dilempar kesalah satu petak yang tergambar di tanah, petak yang ada gacuknya tidak boleh diinjak/ditempati oleh setiap pemain, jadi para pemain harus melompat ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi petak – petak yang ada.

Nah, itu adalah sedikit pejelasan tentang permainan Engklek.🙂