Wedang Ronde

Hai Sahabat Kemilau ketemu lagi, kali ini kita mau bahas tentang salah satu minuman tradisional yang berasal dari jawa yaitu wedang ronde🙂

Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari Jawa. Wedang sendiri berarti minuman. Wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti di dalam minuman tersebut. Ronde sendiri terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tanah dan gula merah. Konturnya kenyal ketika digigit.

Dan bagian dalamnya akan meleleh di dalam mulut kita. Komponen utama dalam wedang ronde ada 2. Yaitu wedang jahe dan ronde itu sendiri. Jika wedang ronde tidak memiliki ronde, maka minuman itu disebut wedang jahe. Karena  banyak sahabat yang menyamakan wedang jahe dengan wedang ronde.

Image

Minuman yang menggunakan bahan dasar jahe dipercaya bisa menyembuhkan penyakit tenggorokan, mengatasi mual atau mabuk darat, meningkatkan stamina, dan memberikan kehangatan pada tubuh. Wedang ronde memiliki beberapa macam variasi.  Ada juga wedang ronde yang disajikan dengan tape ketan,  juga wedang ronde yang diberi susu kental manis.

Minuman ini sangat pas dinikmati saat malam hari karna bisa membuat badan menjadi hangat, silakan mencoba🙂

2 thoughts on “Wedang Ronde

  1. Lia says:

    wah kayaknya enak nih min kalo diminum ujan-ujan gini (dirumah lagi ujan). Tapi sebenernya lebih enak lagi kalo dibeliin sama mimin😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s